Bab
1 akan mengintroduksi IDE Visual Studio yang digunakan dan mengenalkan
bagaimana menggunakan variabel dalam Visual Basic. Pada Bab 2, Anda akan belajar bagaimana program-program
menggunakan statemen If…Then, If…Then…Else, dan If…Then...ElseIf untuk membuat keputusan. Anda akan belajar
bagaimana membandingkan nilai-nilai menggunakan operator-operator relasional
dan membangun perbandingan-perbandingan kompleks menggunakan operator-operator
logikal. Anda akan dikenalkan dengan statemen Select Case, kontrol tombol radio, dan kontrol kotak periksa. Anda
akan belajar lebih banyak tentang kotak pesan, yang menampilkan pesan kepada
user, dan proses validasi masukan.
Bab 3 diawali dengan menunjukkan kepada Anda bagaimana
menggunakan kotak periksa, yang memberikan cara yang sederhana dan cepat untuk
meminta user memasukkan data. Kotak list dan kotak combo juga akan
diintroduksi. Sekarang, Anda belajar bagaimana menuliskan loop, yang
menyebabkan blok atau serangkaian statemen pemrograman dieksekusi. Anda juga
akan belajar bagaimana membangkitkan nilai-nilai acak dan menggunakannya untuk
sejumlah tujuan di dalam sebuah program.
Bab 4 akan mendiskusikan bagaimana menuliskan prosedur dan
fungsi. Prosedur tidak merespon event, tetapi dieksekusi hanya ketika dipanggil
oleh statemen. Anda akan belajar bagaimana menciptakan, memanggil, dan
melewatkan argumen kepada prosedur. Anda juga akan belajar teknik-teknik untuk
aplikasi debugging yang menggunakannya.
Bab 5 akan menunjukkan bagaimana menambahkan sejumlah form
pada sebuah projek dan bagaimana menciptakan sebuah modul untuk memuat pelbagai
prosedur dan fungsi. Bab ini juga merangkum penciptaan menu, yang memuat
perintah-perintah dan sub-submenu yang dapat dipilih oleh user.
Bab 6 akan mendiskusikan array, yang merupakan grup yang
memuat variabel-variabel yang bisa dipakai untuk menyimpan sekumpulan data.
Array satu-dimensi berguna untuk menyimpan dan bekerja dengan satu himpunan
data, sedangkan array dua-dimensi dapat dipakai untuk menyimpan dan bekerja
dengan sejumlah himpunan data. Bab ini menyajikan sejumlah teknik pemrograman
array, seperti penjumlahan dan pererataan elemen-elemen di dalam sebuah array,
penjumlahan semua kolom pada suatu array dua-dimensi, pencarian suatu nilai
spesifik pada sebuah array, dan penggunaan array-array paralel. Properti Enabled, Anchor, dan Dock, dan
kontrol Timer juga akan
dibahas.
Bab 7 akan menunjukkan pada Anda bagaimana menyimpan data ke
dalam file teks sekuensial dan kemudian membacanya kembali ke dalam sebuah
aplikasi. Anda akan belajar bagaimana menggunakan kontrol OpenFileDialog, SaveFileDialog,
ColorDialog, dan FontDialog. Anda dapat menggunakan
kontrol-kontrol ini untuk melengkapi aplikasi Anda dengan kotak-kotak dialog Windows standar untuk membuka dan
menyimpan file dan untuk memilih warna dan jenis font. Anda akan mempelajari
kontrol PrintDocument dan bagaimana
mencetak laporan dari aplikasi Anda. Terakhir, Anda akan belajar bagaimana
memaketkan unit-unit data ke dalam struktur.
Bab 8
akan membahas konsep-konsep dasar dari kelas dan objek. Selanjutnya, akan
didemonstrasikan bagaimana mendefinisikan kelas dan tipe enumerasi, yang
menunjukkan bagaimana keduanya digunakan pada aplikasi.
Bab 9 akan merangkum secara mendalam perihal validasi masukan
dan penanganan error. Kontrol ErrorProvider
akan dikenalkan sebagai perangkat ideal untuk validasi masukan. Selanjutnya,
Anda akan mempelajari kembali kontrol ListBox,
ComboBox, dan CheckedListBox, yang dapat dipakai untuk menangani seleksi jamak.
Setelah itu, Anda akan mempelajari bagaimana menggunakan kontrol FlowLayout, WebBrowser, SplitContainer,
dan TabControl untuk mengembangkan
antarmuka user yang kreatif. Bab ini akan ditutup dengan perancangan dan
pengembangan sebuah perangkat lunak untuk mengilustrasikan kekuatan dan
fleksibilitasnya.
Bab 10 ini akan mengintroduksi sejumlah kelas koleksi di
dalam pustaka .NET, dengan ide bahwa koleksi objek dapat membantu membangun
konsep-konsep yang nantinya dapat diterapkan pada database. Anda akan belajar
bagaimana menciptakan dan menggunakan ArrayList,
List, dan Dictionary. Bab ini
akan menyajikan contoh-contoh bagaimana menggunakan teknologi LINQ (Language Integrated Query) untuk
melakukan pencarian terhadap objek.
Bab 11 Bab ini akan
secara langsung mengajak Anda menggunakan database SQL Server. Ada 11 tutorial
yang mengajarkan Anda untuk langsung mempraktekkan penggunaan database SQL
Server. Bab
12 akan fokus
pada pemrograman database, menggunakan pustaka ADO.NET, yang merupakan bagian
dari .NET Framework. Anda dapat menganggap pustakan ini sebagai ekstensi dari
konsep-konsep database dan pengikatan database dari Bab 11. Di sini, Anda akan
mengintegrasikan pengetahuan Anda tentang perancangan aplikasi multi-tingkat
dengan objek dan database.
Pada Bab 13,
Pada kasus pertama, Anda akan membangun sebuah projek agar anak-anak (orang
dewasa) dapat berlatih keterampilan dasar dalam operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Projek
Game Matematika Flash Card ini dapat dipakai untuk memilih jenis soal dan
apa faktor yang ingin digunakan. Projek ini memiliki tiga opsi pewaktuan. Pada
kasus kedua, Anda akan membangun game Kode
Rahasia. Kotak simpanan dikunci dan
hanya dapat dibuka jika Anda memasukkan kombinasi dijit yang tepat. Kombinasi
dapat berupa 2 sampau 4 dijit tak-berulang (rentang dijit dari 1 sampai 9).
Setelah tebakan diberikan, Anda akan diberitahu berapa banyak dijit yang tepat
dan berapa banyak dijit yang berada pada posisi yang tepat. Berdasarkan
informasi ini, Anda akan memberikan tebakan lain. Anda melanjutkan penebakan
sampai didapatkan kombinasi yang tepat atau sampai Anda menghentikan game. Pada
kasus ketiga, Anda akan membangun game Bahtera Nuh. Ini merupakan game
sederhana. Sampai dengan 10 kura-kura akan berlomba masuk ke bahtera Nuh. Anda
menebak dua kura-kura yang Anda anggap bisa memenangkan perlombaan. Dengan
mengklik tombol Mulai, perlombaan akan dimulai. Semua kura-kura akan berlomba
kecepatan untuk sampai ke garis akhir. Pada kasus keempat, Anda akan membangun
game Elias dan Burung Gagak. Burung
gagak terbang dan menjatuhkan roti dari langit. User ditantang untuk memosisikan
Elias di bawah roti yang jatuh untuk menangkapnya sebagai makanan. Pada kasus
game kelima pada bab ini, Anda akan membangun game Daniel dan Singa. Daniel ditempatkan pada sebuah grid dengan
sejumlah singa (dan empat batu). Idenya adalah agar Daniel bisa mengeliminasi
atau menaklukkan setiap singa dengan cara menembakkan doa. Game akan berakhir
ketika Daniel menaklukkan semua singa atau apabila singa menempati posisi
Daniel.
Pada Bab 14,
Pada bab ini, Anda akan membangun sebuah game Mencocokkan Citra. Sepuluh pasang
citra disembunyikan pada papan permainan. Tujuan game adalah mencari
pasangan-pasangan citra. Pada mode Dua
Pemain, para pemain akan mendapat
giliran secara bergantian. Pada mode Satu
Pemain, ada dua opsi yang bisa
dipilih: Bermain Sendiri atau Lawan Komputer. Bila
opsi Bermain Sendiri dipilih, pemain akan bermain sendiri tanpa lawan. Jika opsi
Lawan Komputer dipilih, maka tingkat kecerdasan komputer disediakan pada
beberapa tingkat sesuai dengan level kesulitan game yang disediakan. Pada bab
ini pula, Anda akan membangun sebuah program Game Lempar Bola Salju. Program ini dapat dimainkan oleh dua pemain
manusia atau pemain manusia melawan komputer.
Pada Bab 15,
Pada bab ini, Anda akan membangun sebuah game pengantaran bebek bakar. Pada
game simulasi ini, banyak keputusan yang diperlukan. Ide dasarnya adalah
membaca pesanan lewat telepon yang masuk dan memberitahu mobil pengantar untuk
berangkat ke lokasi yang memesan. Anda juga perlu memastikan agar selalu
menyediakan bebek bakar siap antar untuk diangkut oleh mobil pengantar. Luasan
pengantaran adalah sebuah grid 20 kali 20 persegi. Semakin banyak bebek bakar
yang dijual, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Pada bab ini, Anda
juga akan membangun game Pendaratan di Mars. Pada game simulasi ini, Anda
mengendalikan pendorong vertikal maupun horisontal untuk mamanuver wahana ke
atas pad pendaratan di permukaan mars. Anda akan mengatur kecepatan pendaratan
agar cukup lambat sehingga tidak terjadi kecelakaan
Akhir
kata, semoga buku ini bermanfaat bagi para pembelajar pemrograman Visual Basic
.NET di Indonesia.
No comments:
Post a Comment