Buku ini difokuskan untuk memberikan pembelajaran dan
penerapan animasi dan game dalam Visual Basic. Di sini, Anda akan diajari
bagaimana menggambar garis, memberikan warna pada garis, membuat aplikasi paint
sederhana, menciptakan efek animasi dengan melibatkan kontrol pewaktu (Timer),
dan mendeteksi tubrukan objek (kontrol). Sejumlah kontrol Visual Basic yang
dilibatkan pada buku ini adalah Label, TextBox, NumericUpDown, Button, Panel,
Timer, RadioButton, ProgressBar, dan PictureBox. Selain belajar bagaimana
menerapkan objek Pen dan fungsi-fungsi grafika (Graphics) seperti DrawLine,
DrawImage, dan DrawEllipse.
Pada Bab 1 Anda akan dikenalkan dengan IDE Visual Basic yang
menjadi tempat dimana Anda membangun dan menguji aplikasi dan game. Di sini,
Anda akan dikenalkan bagaimana membangun aplikasi yang diimplementasikan dengan
tiga langkah: menempatkan kontrol-kontrol, menugaskan properti-properti, dan
menuliskan kode program. Pada Bab 2, Anda akan mengenal
properti-properti dan event-event dari tiap kontrol pada aplikasi Windows
Visual Basic. Anda perlu mempelajari dan mengenalnya agar lebih familiar ketika
menerapkannya pada aplikasi animasi dan game pada buku ini.
Pada
Bab 3, Anda akan mempelajari bagaimana
menggambar menggunakan metode-metode grafika (dari kelas Graphics) dan menggunakan warna-warna yang disediakan oleh kelas Color pada Visual Basic. Pada Bab 4, Anda akan mempelajari
konsep-konsep yang berkaitan dengan pewaktuan menggunakan kontrol Timer dan
terapannya untuk menciptakan efek animasi pada aplikasi Visual Basic. Game yang
diciptakan pada bab ini berkaitan dengan bagaimana membuat efek pergerakan,
pemantulan, dan tubrukan pada dua objek atau kontrol.
Pada
Bab 5, Anda akan membangun sebuah game video
sederhana. Bola-bola pantai warna-warni akan dijatuhkan dari langit. Anda akan
memanuver divais pemantul untuk memantulkan bola-bola tersebut dan mendapatkan
poin. Anda akan mencoba memantulkan bola sebanyak mungkin dalam satu menit. Pada Bab 6, Anda akan membangun sebuah
game dadu dua-pemain yang dapat Anda mainkan melawan komputer. Anda akan
memainkan dua buah dadu. Tujuan game adalah untuk mendapatkan skor 100 poin.
Pemain akan bermain secara bergiliran.
Sepanjang tidak mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1, pemain dapat
memilih melanjutkan pelemparan dadu atau memberikan dadu kepada pemain lain.
Jika pemain memberikan dadu ke pemain lain, skor terkini ditotalkan kepada
total sebelumnya. Jika pemain mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1, maka pemain
tersebut akan kehilangan poin yang didapatkan dari giliran terkini. Jika pemain
mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1 pada kedua dadu, maka pemain akan
kehilangan semua poin terkini dan semua poin yang disimpan.
Pada
Bab 7, Anda akan membangun game Kode
Rahasia. Kotak simpanan dikunci dan hanya dapat dibuka jika Anda memasukkan
kombinasi dijit yang tepat. Kombinasi dapat berupa 2 sampau 4 dijit
tak-berulang (rentang dijit dari 1 sampai 9). Setelah tebakan diberikan, Anda
akan diberitahu berapa banyak dijit yang tepat dan berapa banyak dijit yang
berada pada posisi yang tepat. Berdasarkan informasi ini, Anda akan memberikan
tebakan lain. Anda melanjutkan penebakan sampai didapatkan kombinasi yang tepat
atau sampai Anda menghentikan game. Pada
Bab 8, Anda akan membangun game Pendaratan di Mars. Pada game simulasi ini,
Anda mengendalikan pendorong vertikal maupun horisontal untuk mamanuver wahana
ke atas pad pendaratan di permukaan mars. Anda akan mengatur kecepatan pendaratan
agar cukup lambat sehingga tidak terjadi kecelakaan.
Akhir kata, diharapkan buku
ini berguna dan bisa meningkatkan keahlian pemrograman animasi dan game
menggunakan Visual Basic bagi pembaca.
No comments:
Post a Comment