Buku ini merupakan tutorial
langkah demi langkah bagi Anda yang ingin menjadi programer Game Visual Basic.
Tidak bertele-tele, di sini Anda diajarkan secara bertahap bagaimana merancang
form dengan pelbagai kontrol dan menuliskan kode langkah demi langkah sehingga
game yang dibuat sangat interaktif dan menarik. Pada Bab 1 mengenalkan
IDE Visual Basic yang menjadi tempat dimana Anda membangun dan menguji aplikasi
dan game. Di sini, Anda akan dikenalkan bagaimana membangun aplikasi yang
diimplementasikan dengan tiga langkah: menempatkan kontrol-kontrol, menugaskan
properti-properti, dan menuliskan kode program.
Pada Bab 2, Anda akan membangun GAME Bahtera Nuh. Ini merupakan game sederhana. Sampai
dengan 10 kura-kura akan berlomba masuk ke bahtera Nuh. User menebak dua kura-kura yang dianggap bisa memenangkan perlombaan. Dengan mengklik
tombol Mulai, perlombaan akan
dimulai. Semua kura-kura akan berlomba kecepatan untuk sampai ke garis akhir. Label-label dipakai untuk menampilkan
instruksi dan banyak kura-kura dalam perlombaan. Empat kontrol tombol
dilibatkan: dua tombol untuk mengubah banyak kura-kura, satu tombol untuk
memulai game, dan satu tombol lain untuk menghentikan game. Kontrol kotak citra
dipakai untuk memuat citra kura-kura. Sebuah kontrol pewaktu dipakai untuk
memperbarui pergerakan kura-kura selama perlombaan.
Pada
Bab 3, Anda akan membangun GAME Elias dan Burung Gagak. Burung gagak terbang dan menjatuhkan roti
dari langit. User ditantang untuk memosisikan Elias di bawah roti yang jatuh
untuk menangkapnya sebagai makanan. Label-label
dipakai untuk instruksi dan untuk menampilkan informasi game (sisa waktu,
banyak roti yang berhasil ditangkap, dan level kesulitan game). Dua tombol
dipakai untuk mengubah level kesulitan game, satu tombol untuk mengawali game,
dan satu tombol lain untuk menghentikan game. Kontrol-kontrol kotak citra
menampung citra-citra untuk Elias, burung gagak, dan roti.
Pada
Bab 4, Anda akan membangun GAME Daniel dan Singa. Daniel ditempatkan pada sebuah grid dengan sejumlah
singa (dan empat batu). Idenya adalah agar Daniel bisa mengeliminasi atau
menaklukkan setiap singa dengan cara menembakkan doa. Game akan berakhir ketika
Daniel menaklukkan semua singa atau apabila singa menempati posisi Daniel. Label-label dipakai untuk menampilkan
instruksi dan informasi game. Ada banyak kontrol tombol disediakan. Dua tombol
untuk mengubah level kesulitan game, satu tombol untuk mengawali game, dan satu
tombol lain untuk mengakhiri game. Sembilan kontrol tombol (dengan panah)
dipakai untuk memindahkan Daniel, sedangkan delapan tombol lain dipakai untuk
menembakkan doa pada singa. Kedua kontrol kotak citra dipakai untuk memuat
citra Daniel dan singa.
Pada
Bab 5, Anda akan membangun GAME Tic
Tac Toe. Konon, ini merupakan game pertama yang pernah
diprogram di komputer dan salah satu yang pernah diprogram oleh Bill Gates
sendiri ketika ia masih remaja saat bersekolah di Lakeside School di Seattle. Tujuan dari game
ini adalah memenangkan permainan pada grid 3 x 3 dengan kemenangan tiga simbol
identik (X atau O) pada baris horisontal, diagonal, maupun vertikal. Para
pemain akan bermain secara bergantian. Pada game ini diberikan dua opsi
permainan: pemain 1 melawan pemain 2 atau pemain manusia melawan komputer.
Sebuah strategi cerdas namun sederhana akan dikembangkan untuk logika komputer
agar bisa menjadi lawan yang tangguh buat manusia. Anda memerlukan 14 kontrol label di sisi kiri dari
form. Tempatkan tiga kotak grup di sisi kanan, berikut dengan dua kontrol
tombol. Tempatkan dua kontrol tombol radio pada tiap kotak grup.
Pada
Bab 6, Anda akan membangun GAME Mencocokkan Citra. Sepuluh pasang citra disembunyikan pada papan
permainan. Tujuan game adalah mencari pasangan-pasangan citra. Pada mode Dua Pemain, para pemain akan mendapat giliran secara bergantian. Pada
mode Satu Pemain, ada dua opsi yang bisa dipilih: Bermain Sendiri atau Lawan Komputer. Bila opsi Bermain
Sendiri dipilih, pemain akan bermain
sendiri tanpa lawan. Jika opsi Lawan
Komputer dipilih, maka tingkat
kecerdasan komputer disediakan pada beberapa tingkat sesuai dengan level
kesulitan game yang disediakan. Kontrol-kontrol
kotak citra dipakai untuk menampilkan citra-citra. Kontrol-kontrol label
menampilkan skor dan memberikan pesan. Tombol-tombol radio dipakai untuk
menetapkan opsi-opsi game. Tombol-tombol (satu tombol untuk memulai dan
mengakhiri game dan satu tombol lagi untuk keluar dari game) dipakai untuk mengendalikan
operasi game. Kontrol pewaktu akan dipakai untuk mengimplementasikan tunda
untuk pemain komputer. Terakhir, ada sebuah kontrol kotak citra di balik dua
kontrol tombol. Kontrol ini dipakai sebagai citra ‘kover’ yang menyembunyikan
citra-citra.
Pada
Bab 7, Anda akan membangun sebuah GAME Pengantaran
Bebek Bakar. Pada game
simulasi ini, banyak keputusan yang diperlukan. Ide dasarnya adalah membaca
pesanan lewat telepon yang masuk dan memberitahu mobil pengantar untuk
berangkat ke lokasi yang memesan. Anda juga perlu memastikan agar selalu
menyediakan bebek bakar siap antar untuk diangkut oleh mobil pengantar. Luasan
pengantaran adalah sebuah grid 20 kali 20 persegi. Semakin banyak bebek bakar
yang dijual, semakin banyak pula keuntungan yang didapatkan. Kontrol panel di sisi kiri form memuat grid
pengantaran. Di sisi kanan atas adalah kotak-kotak grup dnegan satu kontrol
label untuk menampilkan waktu atau jam dan hasil penjualan. Monitor komputer
(pada sebuah kotak citra) menampilkan pesanan dan status pengantaran
menggunakan sebuah kotak list dan kontrol label. Kotak grup lain memuat oven
bebek bakar ketika bebek-bebek bakar ditampilkan menggunakan delapan kontrol
kotak citra. Dua kontrol tombol pada kontrol kotak grup mengendalikan operasi
oven. Kotak-kotak grup di bawah oven menunjukkan berapa banyak bebek yang siap
untuk diantar dan berapa banyak yang berada di dalam mobil pengantar (sebuah
kontrol tombol disediakan untuk memuat bebek bakar ke dalam mobil). Dua kontrol
tombol di bawah
form dipakai untuk
memulai/merehatkan game dan untuk menghentikan game atau keluar dari game. Pada
luasan di bawah form terdapat beberapa pewaktu untuk mengendalikan sejumlah
aspek dalam program.
Akhir kata, diharapkan buku ini berguna dan bisa
meningkatkan keahlian pemrograman Game menggunakan Visual Basic bagi pembaca.
No comments:
Post a Comment