Monday, April 27, 2020

LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN DATABASE SQLITE DAN MYSQL DENGAN GUI PYTHON


Pada buku ini, Anda akan mempelajari sejumlah projek pemrograman GUI menggunakan Python dengan cakupan pembahasan mulai widget PyQt, database, sampai grafika.

Pada bab pertama, Anda akan belajar untuk menggunakan beberapa widget: Menampilkan pesan selamat datang; Menggunakan widget Radio Button; Mengelompokkan tombol-tombol radio; Menampilkan opsi-opsi dalam bentuk kotak periksa; dan Menampilkan dua grup kotak periksa.

Pada bab dua, Anda akan belajar untuk menggunakan beberapa topik berikut: Menggunakan Signal/Slot Editor; Menyalin dan menempatkan teks dari satu widget Line Edit ke yang lain; Mengkonversi tipe data dan membuat kalkulator sederhana; Menggunakan widget Spin Box; Menggunakan scrollbar dan slider; Menggunakan List Widget; Memilih sejumlah item list dari satu List Widget dan menampilkannya pada widget List Widget lain; Menambahkan item-item ke dalam List Widget; Melakukan operasi-operasi pada List Widget; Menggunakan widget Combo Box; Menggunakan widget Font Combo Box; dan Menggunakan widget Progress Bar.

Pada bab tiga, Anda akan merangkum topic-topik berikut: Menampilkan dijit-dijit LCD; Menampilkan waktu sistem dalam dijit-dijit LCD; Menampilkan data yang diseleksi user dari Calendar Widget; Menciptakan sebuah aplikasi reservasi hotel;  dan Menampilkan data tabular menggunakan Table Widget.

Pada bab empat, Anda akan mempelajari topik-topik berikut: Pemrograman berorientasi-objek; Menggunakan kelas pada GUI; Menggunakan pewarisan tunggal; Menggunakan pewarisan level jamak; dan Menggunakan pewarisan jamak. Pada bab lima, Anda akan belajar bagaimana menggunakan beberapa jenis dialog berikut: Kotak dialog masukan; Menggunakan dialog masukan; Menggunakan dialog warna; Menggunakan dialog warna;  dan Menggunakan dialog file.

Pada bab enam, Anda akan mempelajari database SQLite. Penanganan database berperan sangat penting pada setiap aplikasi karena data perlu disimpan untuk kebutuhan selanjutnya. Anda perlu menyimpan informasi konsumen, informasi user, informasi produk, informasi pesanan, dan seterusnya. Pada bab ini, Anda akan belajar setiap pekerjaan yang berkaitan dengan penanganan database: Menciptakan database; Menciptakan tabel database; Menyisipkan baris pada tabel database; Menampilkan baris data pada tabel database; Menavigasi baris-baris pada tabel database; Melakukan pencarian informasi tertentu pada tabel database; Menciptakan sebuah form sign-in yang menerapkan prosedur otentikasi; Memperbarui isi database, dengan mengubah password user; dan Menghapus baris data dari tabel database.

Pada bab tujuh, Anda akan mempelajari penanganan database MySQL juga berperan sangat penting pada setiap aplikasi karena data perlu disimpan untuk kebutuhan selanjutnya. Anda bisa memanfaatkannya menyimpan informasi konsumen, informasi user, informasi produk, informasi pesanan, dan seterusnya. Pada bab ini, Anda akan belajar setiap pekerjaan yang berkaitan dengan penanganan database MySQL: Menciptakan database dengan Python; Menciptakan tabel database dengan Python; Menyisipkan baris pada tabel database dengan Python; Menampilkan baris data pada tabel database dengan Python; Menavigasi baris-baris pada tabel database dengan Python; Melakukan pencarian informasi tertentu pada tabel database dengan Python; Menghapus baris data dari tabel database dengan Python; Menghapus tabel database dengan Python; Memperbarui tabel database dengan Python; dan Menggabungkan dua atau lebih tabel database dengan Python

Pada bab delapan, Anda akan mempelajari perihal grafika dalam Python. Pada setiap aplikasi, grafika berperan penting dalam membuat GUI menjadi ramah pengguna. Grafika membuat konsep menjadi lebih mudah dipahami. Pada bab ini, Anda akan belajar: Menampilkan koordinat mouse; Menampilkan koordinat dimana tombol mouse diklik dan dilepaskan; Menampilkan sebuah titik dimana tombol mouse diklik; Menggambar sebuah garis di antara dua klik mouse; Menggambar garis dengan jenis berbeda; Menggambar lingkaran dengan ukuran berbeda; Menggambar rektangular antara dua klik mouse; Menggambar teks dengan font dan ukuran berbeda; Menciptakan sebuah toolbar yang menunjukkan sejumlah perangkat grafika berbeda; Menggambar garis menggunakan Matplotlib; dan Menggambar grafik batang menggunakan Matplotlib.

No comments: