Sunday, April 26, 2020

LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN DATABASE DENGAN PYTHON/POSTGRESQL


Buku ini merupakan versi Python/PostgreSQL dari buku Python/MySQL yang telah sebelumnya telah ditulis oleh penulis. Apa yang mendasari ditulisnya buku ini adalah semakin populernya server database PostgreSQL belakangan ini dan semakin banyak programmer yang berimigrasi dari MySQL ke PostgreSQL.

Pada buku ini, Anda akan mempelajari membangun projek database sekolah, langkah demi langkah. Sejumlah widget dari PyQt akan digunakan untuk antarmuka user. 

Pada bab pertama, Anda akan mempelajari sejumlah konsep dan penggunaan dari operator dan klausa dalam PostgreSQL. Selain bereksperimen dalam skrip PostgreSQL, Anda juga akan diajari bagaimana menerapkannya dalam skrip Python.

Pada bab kedua, Anda akan mempelajari: Menciptakan projek tiga tabel awal pada database sekolah: tabel Guru, tabel Kelas, dan tabel MatPel; Menciptakan file konfigurasi database; Menciptakan GUI Python untuk melihat dan menavigasi isi tiap tabel. Menciptakan GUI Python untuk menyisipkan dan mengedit tabel; dan Menciptakan GUI Python untuk menggabungkan dan melakukan query atas ketiga tabel tersebut.

Pada bab ketiga, Anda akan mempelajari: Menciptakan form utama untuk menghubungkan semua form; Menciptakan projek akan menambahkan tiga tabel lagi pada database sekolah: tabel Siswa, tabel Ortu, dan tabel UangSekolah; Menciptakan GUI Python untuk melihat dan menavigasi isi tiap tabel; Menciptakan GUI Python untuk mengedit, menyisipkan, dan menghapus rekaman pada tiap tabel; Menciptakan GUI Python untuk menggabungkan dan melakukan query atas ketiga tabel dan keenam tersebut.

Pada bab keempat, Anda akan mempelajari: Menciptakan projek akan menambahkan dua tabel terakhir pada database sekolah: tabel Nilai dan tabel Ujian; Menciptakan GUI Python untuk mengedit, menyisipkan, dan menghapus rekaman pada tiap tabel. Menciptakan GUI Python untuk menggabungkan dan melakukan query atas kedelapan tabel yang ada.

Akhir kata, diharapkan buku ini berguna dan bisa meningkatkan keahlian pemrograman database bagi programmer Python.

No comments: