Monday, April 27, 2020

LANGKAH DEMI LANGKAH PEMROGRAMAN GAME DENGAN VISUAL BASIC .NET


Buku ini difokuskan untuk memberikan pembelajaran dan penerapan animasi dan game dalam Visual Basic. Di sini, Anda akan diajari bagaimana menggambar garis, memberikan warna pada garis, membuat aplikasi paint sederhana, menciptakan efek animasi dengan melibatkan kontrol pewaktu (Timer), dan mendeteksi tubrukan objek (kontrol). Sejumlah kontrol Visual Basic yang dilibatkan pada buku ini adalah Label, TextBox, NumericUpDown, Button, Panel, Timer, RadioButton, ProgressBar, dan PictureBox. Selain belajar bagaimana menerapkan objek Pen dan fungsi-fungsi grafika (Graphics) seperti DrawLine, DrawImage, dan DrawEllipse.

Pada Bab 1 Anda akan dikenalkan dengan IDE Visual Basic yang menjadi tempat dimana Anda membangun dan menguji aplikasi dan game. Di sini, Anda akan dikenalkan bagaimana membangun aplikasi yang diimplementasikan dengan tiga langkah: menempatkan kontrol-kontrol, menugaskan properti-properti, dan menuliskan kode program. Pada Bab 2, Anda akan mengenal properti-properti dan event-event dari tiap kontrol pada aplikasi Windows Visual Basic. Anda perlu mempelajari dan mengenalnya agar lebih familiar ketika menerapkannya pada aplikasi animasi dan game pada buku ini.

Pada Bab 3, Anda akan mempelajari bagaimana menggambar menggunakan metode-metode grafika (dari kelas Graphics) dan menggunakan warna-warna yang disediakan oleh kelas Color pada Visual Basic. Pada Bab 4, Anda akan mempelajari konsep-konsep yang berkaitan dengan pewaktuan menggunakan kontrol Timer dan terapannya untuk menciptakan efek animasi pada aplikasi Visual Basic. Game yang diciptakan pada bab ini berkaitan dengan bagaimana membuat efek pergerakan, pemantulan, dan tubrukan pada dua objek atau kontrol.

Pada Bab 5, Anda akan membangun sebuah game video sederhana. Bola-bola pantai warna-warni akan dijatuhkan dari langit. Anda akan memanuver divais pemantul untuk memantulkan bola-bola tersebut dan mendapatkan poin. Anda akan mencoba memantulkan bola sebanyak mungkin dalam satu menit. Pada Bab 6, Anda akan membangun sebuah game dadu dua-pemain yang dapat Anda mainkan melawan komputer. Anda akan memainkan dua buah dadu. Tujuan game adalah untuk mendapatkan skor 100 poin. Pemain akan bermain secara bergiliran.  Sepanjang tidak mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1, pemain dapat memilih melanjutkan pelemparan dadu atau memberikan dadu kepada pemain lain. Jika pemain memberikan dadu ke pemain lain, skor terkini ditotalkan kepada total sebelumnya. Jika pemain mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1, maka pemain tersebut akan kehilangan poin yang didapatkan dari giliran terkini. Jika pemain mendapatkan sisi dadu dengan nilai 1 pada kedua dadu, maka pemain akan kehilangan semua poin terkini dan semua poin yang disimpan.

Pada Bab 7, Anda akan membangun game Kode Rahasia. Kotak simpanan dikunci dan hanya dapat dibuka jika Anda memasukkan kombinasi dijit yang tepat. Kombinasi dapat berupa 2 sampau 4 dijit tak-berulang (rentang dijit dari 1 sampai 9). Setelah tebakan diberikan, Anda akan diberitahu berapa banyak dijit yang tepat dan berapa banyak dijit yang berada pada posisi yang tepat. Berdasarkan informasi ini, Anda akan memberikan tebakan lain. Anda melanjutkan penebakan sampai didapatkan kombinasi yang tepat atau sampai Anda menghentikan game. Pada Bab 8, Anda akan membangun game Pendaratan di Mars. Pada game simulasi ini, Anda mengendalikan pendorong vertikal maupun horisontal untuk mamanuver wahana ke atas pad pendaratan di permukaan mars. Anda akan mengatur kecepatan pendaratan agar cukup lambat sehingga tidak terjadi kecelakaan.
Akhir kata, diharapkan buku ini berguna dan bisa meningkatkan keahlian pemrograman animasi dan game menggunakan Visual Basic bagi pembaca.

No comments: